Erlita, Erlita (2024) Analisis implementasi nilai-nilai moderasi beragama siswa di SMPN 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100283.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalahdalam penelitian ini adalah munculnya moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan. Sebagai negara yang multikultural dengan keragaman budaya, suku, dan agama. Moderasi beragama menjadi penting untuk siswa di lingkungan sekolah maupun mahasiswa di tingkat kampus sebagai generasi penerus untuk memajukan bangsa di masa datang, penerapan nilai-nilai Islam moderat perlu diupayakan untuk mencegah terpaparnya paham radikalisme. Moderasi beragama merupakan hasil pemikiran dalam agama yang dapat dipahami sehingga mengamalkan ajaran agama dengan tidak hanya berpusat pada bagian kanan atau bagian kiri. Moderasi beragama juga dikenal dengan wasathiyyah yang berasal dari kata wa-sa-ta yang mengandung arti kebajikan, keadilan dan kebaikan. Dengan demikian moderasi beragama adalah menyeimbangkan, tidak melebih-labihkan atau mengurangi ajaran agama tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis implementasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap siswa di SMPN 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer merupakan 3 orang Guru, dan sumber data sekunder yaitu 20 orang siswa SMPN 1 Lingga Bayu. Teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi atau penerapan nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan Guru di SMPN 1 Lingga Bayu kepada Siswa yaitu dengan memberikan arahan atau nasehat kepada Siswa agar tidak membeda-bedakan temannya khususnya yang beda agama. Para guru juga selalu memberikan contoh kepada siswa untuk senantiasa menerapkan sikap toleransi dan saling tolong menolong baik di sekolah maupun di Luar sekolah. Nilai moderasi yang paling menonjol di sekolah ini ialah nilai tasamuh (toleransi), hal ini terlihat ketika ada acara peringatan Islam maka yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut tidak hanya yang agama Islam melainkan juga yang Non Islam ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, S.Sos.I., M.A |
Keywords: | Implementasi; Moderasi Beragama; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:39 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11105 |
Actions (login required)
View Item |