Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran fiqih siswa kelas VII Pesantren Mardhatillah Desa Tanoponggol Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Elvi Efrianti (2024) Implementasi pembelajaran fiqih siswa kelas VII Pesantren Mardhatillah Desa Tanoponggol Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100234.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Implementasi pembelajaran Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran Yang ada di pesantren Mardhatillah Desa Tanoponggol. Pembelajaran Fiqih bertujuan untuk membekali peserta didik agar mereka dapat mengetahui dan paham pokok-pokok dan hukum-hukum yang diatur dalam ajaran islam, terutama dalam pengamalan ibadah shalat peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan pembelajaran fiqih dalam pengamalan ibadah, serta apa saja kesulitan yang dihadapi siswa dalam pengamalan ibadah di kelas VII Pesantren Mardhatillah Desa Tanoponggol Kecamatan Angkola Barat .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Fiqih dalam pengamalan ibadah siswa serta apa saja kesulitan yang dihadapi dalam pengamalan ibadah di kelas VII Pesantren Mardhatillah Desa Tanoponggol Kecamatan Angkola Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis kualitatif dalam pengumpulan datanya melalui klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, dan menarik kesimpulan data. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder . Hasil Penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Fiqih melakukan beberapa tahap yaitu tahapan mempersiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran. dengan tahapan pembelajaran Fiqih tersebut, terlaksanalah pembelajaran dengan baik. Kesulitan siswa dalam pegamalan ibadah adanya perbedaan bahasa saat pembelajaran Fiqih terdapat dalam buku menggunakan bahasa Arab saat menjelaskan menggunakan bahasa Indonesia terkadang menggunakan bahasa daerah jadi siswa kesulitan dalam pengamalan ibadah dikarnakan adanya perbedaan bahasa karna dikalangan siswa menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu siswa kesulitan dalam pengamalan ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd. dan Anwar Habibi Siregar, M.A.Hk
Keywords: Implementasi; Pembelajaran; Pengamalan Ibadah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:33
Last Modified: 10 Oct 2024 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11091

Actions (login required)

View Item View Item