Pasaribu, Aweng Rovika (2024) Penerapan model problem based learning berbantu media visual untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa Kelas V di SD Negeri 100706 Padang Lancat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPA yang berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dengan penerapan metode ceramah yang berpusat kepada guru sehingga hanya terjalin komunikasi satu arah. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan atau peningkatan minat dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model problem based learning berbantu media visual pada pembelajaran IPA siswa kelas V di SD Negeri 100706 Padang Lancat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kaloborasi dengan guru wali kelas. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas V SD Negeri 100706 Padang Lancat, maka dapat disimpulkan bahwa: Model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media visual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 100706 Padang Lancat dari kondisi awal sampai siklus II. Hal ini dapat disimpulkan dari Peningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik yang dilihat dari adanya peningkatkan nilai rata-rata dan persentase siswa yang tuntas mulai dari pra siklus sampai siklus II. Dari kondisi awal menjelaskan bahwa persentase minat belajar siswa dengan kategori baik sebesar 26,67%. Kemudian pada siklus I persentase minat belajar siswa dengan kategori baik meningkat menjadi 60%. Pada siklus II persentase minat belajar siswa dengan kategori baik dan sangat baik meningkat signifikasn mencapai 86,67%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, pada kondisi awal nilai rata-rata siswa keseluruhan adalah 67,8 dengan persentase ketuntasan 26,66%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata siswa keseluruhan 72,53 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata siswa keseluruhan 74,86 dan persentase ketuntasan 53,33%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa keseluruhan 80,2 dengan persentase ketuntasan 73,33% sedangkan pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa keseluhan meningkat menjadi 86,48 dengan persentase ketuntasan 86,67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Media visual; Minat belajar; Model problem based learning; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 09:26 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 09:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11085 |
Actions (login required)
View Item |