Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Tua

Harahap, Hadengganan (2018) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih ada siswa yang mengalami hasil belajar yang rendah, karena perencanaan dan strategi pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 GunungTua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang berdesain pretest-postest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 94 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini cluster sampling dimana kelas VIIC sebagai kelas eksprimen dan kelas VIID sebagai kelas control. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk multiple choice. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t, serta uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan ujinormalitas dan uji homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen.Pengujian uji-t diperoleh thitung =10,044 dan ttabel =2,01290 karena thitung > ttabeel (10,044>2,01290), maka Ha diterima yaitu rata-rata skor hasil belajar himpunan dengan pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada ratarata hasil belajar himpunan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan strategi ekspositori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Gunung Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, MA dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Strategi ekspositori; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Apr 2020 07:21
Last Modified: 17 Nov 2021 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item