Pohan, Arfah Azhariah (2024) Analisis faktor minat membeli produk pakaian bekas oleh masyarakat Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2040200160.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Masyarakat kelurahan Pijorkoling berminat untuk membeli pakaian bekas dikarenakan dilihatnya dari segi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat terhadap pakaian serta harga dan kualitas produk. Apalagi pada zaman sekarang ini yang dimana sulitnya ekonomi, dan salah satunya gaya hidup juga yang menjadikan masyarakat Pijorkoling masih banyak berminat untuk membeli pakaian bekas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap minat membeli pakaian bekas oleh masyarakat kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap minat membeli pakaian bekas oleh masyarakat kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pembahasan yang berkaitan dengan minat membeli produk pakaian bekas. Teori pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan Theory of Planned Behavior (TPB), minat membeli prduk pakaian bekas, harga, kualitas produk dan gaya hidup. Penelitian ini dilakukan di kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel peneltian ini sebanyak 97 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling, yang kriterianya yaitu masyarakat kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan yang berumur 17 tahun ke atas dan mempunyai minat membeli pakaian bekas. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan persamaan struktural model pengukuran (SEM) dengan metode pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh harga yang signitifikan terhadap minat membeli produk pakaian bekas oleh masyarakat kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan. Kualitas produk tidak berpengaruh signitifikan terhadap minat membeli produk pakaian bekas oleh masyarakat kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan. Gaya hidup berpengaruh signitifikan terhadap minat membeli produk pakaian bekas oleh masyarakat kelurahan Pijorkoling kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Dr. Utari Evy Cahyani, M.M |
Keywords: | Minat membeli; Harga; Kualitas produk; Gaya hidup |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:27 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11069 |
Actions (login required)
View Item |