Rangkuti, Cahaya Laila Hapni (2024) Penerapan metode bervariasi dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan Agama Islam Kelas VIII-1 di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan karena kurangnya strategi pembelajaran yang bervariasi, siswa kurang memahami materi pembelajaran sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan Metode bervariasi dengan menggunakan media audio visual sehingga siswa lebih memahami materi pembelajaran dan motivasi belajar siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-1 di Smp Negeri 6 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bervariasi dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII-1 di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus diisi dengan dua kali pertemuan. Pada setiap akhir pertemuaan pada setiap siklus peneliti memberikan angket motivasi belajar untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bervariasi dengan menggunakan media audio visual dapat meningkat. Motivasi belajar Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi berwudhu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Motivasi belajar pada siklus I diperoleh meningkatnya motivasi hanya 2 orang siswa sampai dengan 6 orang siswa . Selanjutnya motivasi belajar pada siklus II diperoleh meningkatnya motivasi siswa hanya sekitar 12 orang siswa sampai dengan persentase 22 orang siswa. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bervariasi dengan menggunakan media audio visual pada materi berwudhu di kelas VIII-1 di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Asnah, M.A. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Bervariasi; Media Audio Visual |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:31 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11066 |
Actions (login required)
View Item |