Harahap, Siti Azzahra Eriani (2024) Problematika pembelajaran al-Qur’an Hadits siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais Kec. Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Peneliti mengangkat masalah mengenai Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Adapun temuan yang didapatkan pada saat observasi awal ada sebagian siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin belum memahami cara baca Al-Quran dan Hadist dengan benar begitu juga dengan kandungan makna suatu Al-Quran dan Hadits itu sendiri, ditemukan juga bahwa tidak semua peserta didik dalam mata pelajaran Al Quran Hadist memenuhi standar nilai yang ditetapkan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama. Dalam hal ini, terdapat materi – materi mata pelajaran Al Quran Hadist yang menunjukkan nilai rata-rata di bawah ketentuan standar kompetensi. Melihat kondisi dan problem tersebut menunjukkan pada pembelajaran yang ada di mata pelajaran Al Quran Hadits. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apa saja problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits siswa kelas VIII di MTS Pondok Pesantren Modern Baharuddin dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTS Pondok Pesantren Modern Baharuddin.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi apa saja problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Baharuddin dan Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh dengan tahapan reduksi data, deskripsi data, dan terakhir kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Baharuddin diantaranya: Siswa ada yang belum bisa mengaji atau membaca ayat Al- Qur’an maupun Hadits, Siswa ada yang belum bisa menulis ayat-ayat Al- Qur’an, Siswa merasa kesulitan dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an ataupun Hadits, Suasana kelas yang tidak kondusif dan Keterbatasan Penglihatan. Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, yaitu: Guru Menggunakan metode pengulangan, Guru mendorong siswa untuk memotivasi siri sendiri, Guru melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan Guru selalu meberi semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Dame Siregar, M.A dan Dr. Abdusima Nasution, M.A |
Keywords: | Al-Qur’an Hadits; Pembelajaran; Problematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 08:32 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11064 |
Actions (login required)
View Item |