Antika, Dewi Suci (2024) Efektivitas pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandar Pasir Mandoge Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih memilih bermain handphone saat proses pemebelajaran, peserta didik tidak percaya diri saat menjawab pertanyaan, peserta didik kurang menguasai/memahami materi pelajaran, dan guru kurang memaksimalkan pemberian hadiah dan hukuman dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, apakah efektif pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandar Pasir Mandoge. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektif pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandar Pasir Mandoge . Dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan model pretest-posttest control group design. Didalam model ini sebelum dimulai perlakuan kedua kelompok diberi tes awal atau pretest untuk mengukur kondisi awal. Hasil penelitian ini adalah Rata-rata nilai motivasi belajar kelas kontrol mengalami kenaikan dari 74 menjadi 81 dengan persentase terakhir data terbesar berada pada kategori tinggi. Rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen mengalami kenaikan dari 75 menjadi 86 dengan persentase terakhir data terbesar pada kategori tinggi, oleh karena itu pemberian hadiah dan hukuman efektif terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandar Pasir Mandoge, dan hasil pengujian hipotesis terdapat kriteria pengambilan keputusan uji hipotesis jika nilai sig>α, maka H0 diterima dan jika sig<α, maka H0 ditolak , maka dari itu diperoleh nilai signifikansi uji hipotesis kelas kontrol dan kelas eksperimen 0,035. Hal itu berarti nilai sig<α yaitu 0,035 < 0,05, maka kesimpulan yang diambil Ha diterima atau terdapat keefektifan pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Hadiah; Hukuman; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 08:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11063 |
Actions (login required)
View Item |