Harahap, Safitri (2024) Faktor-faktor yang memengaruhi masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2040200135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masyarakat Batunadua memperhatikan apakah produk yang mereka konsumsi berlabel halal atau tidak yang sangat penting untuk mereka sebagai muslim yang diwajibkan untuk makan dan minum yang halal dan baik sebagaimana telah diperintahkan oleh Allah SWT. Faktor budaya, kebiasaan yang terjadi baik orang dan lingkungan di sekitar dapat menciptakan suatu kebiasaan terutama dalam hal mengkonsumsi suatu produk. Faktor psikologis juga mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor agama, budaya, psikologi, dan pribadi berpengaruh terhadap masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar faktor agama, budaya, psikologi, dan pribadi berpengaruh terhadap kemungkinan masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan bagian dari masyarakat Batunadua yang berumur 15-65 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, yang kemudian datanya dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS 26. Teknik analisis data menggunakan, uji validitas dan reliabilitas, uji deskriftif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh secara parsial antara faktor agama terhadap masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal, namun terdapat pengaruh parsial variabel faktor budaya terhadap masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal, dan terdapat pengaruh parsial faktor psikologi terhadap masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal, dan terdapat pengaruh secara parsial antara faktor pribadi terhadap masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal. Secara simultan, faktor agama, faktor budaya, faktor psikologi, dan faktor pribadi berpengaruh terhadap masyarakat mengkonsumsi produk berlabel halal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sarmiana Batubara, M.A dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Konsumsi; Agama; Budaya; Psikologi; Pribadi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11054 |
Actions (login required)
View Item |