Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kualitas pembelajaran PAI melalui sistem full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan

Wulandari, Fitri (2024) Peningkatan kualitas pembelajaran PAI melalui sistem full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan dan berakhlak mulia. Pendidikan juga merupakan proses pengubahan sikap dan tata prilaku seorang atau sekelompok orang, guna mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pembelajaran full day school dalam bentuk peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan, untuk mengetahui hasil dari penerapan sistem pembelajaran PAI melalui sistem full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem pembelajaran PAI melalui full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan fenomena di lapangan mengenai peningkatan kualitas pembelajaran PAI melalui sistem full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu wakil kepala sekolah, guru PAI, dan perwakilan siswa dari kelas VII,VIII,IX. Dan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen sekolah, profil sekolah, struktur kepengurusan dan visi misi sekolah. Pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam peneliti terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan atau keabsahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan sistem pembelajaran full day school dalam bentuk peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan dimulai dari pukul 07.30-15.30. Dan penerapan kurikulum di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan terbagi menjadi 2 yaitu kurikulum dinas dan kurikulum JSIT. Sejauh ini SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan dari ajaran 2023/2024 telah menerapkan sistem pembelajaran PAI selama 4 jam perminggu. Dengan lamanya waktu belajar maka pihak guru diharuskan untuk menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi serta pembelajaran PALKEM. Dan sistem full day school memiliki hubungan dengan peningkatan pembelajaran PAI seperti kegiatan tambahan pembiasaan sholat berjamaah membantu pada pembelajaran Fiqih, morning greating dengan pembelajaran Akidah akhlak, tilawah Al-Qur’an dan zikir Al-matsurot kaitannya dengan Al-Qur’an hadis. (2) Hasil dari penerapan sistem pembelajaran PAI melalui sistem full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan memberikan dampak yang baik. SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan merupakan salah satu lembaga Pendidikan Agama Islam yang berperan sebagai lembaga yang mampu mengembangkan kedalaman spritual dan mampu menumbuh kembangkan prilaku religius. (3) Faktor pendukung penerapan sistem pembelajaran PAI melalui full day school di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan meliputi kualitas guru yang baik, dukungan orang tua siswa, kesadaran siswa dalam mengikuti program full day school. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kejenuhan siswa saat pelajaran berlangsung karena memiliki waktu yang lama, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lazuardi, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Peningkatan; Kualitas Pembelajaran; PAI; Sistem full day school
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:20
Last Modified: 07 Oct 2024 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item