Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran akidah akhlak dan pengaruhnya terhadap akhlak siswa Kelas III di MTs Swasta Darul Irsyadiyah Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu

Ayu, Putri Sri (2024) Pembelajaran akidah akhlak dan pengaruhnya terhadap akhlak siswa Kelas III di MTs Swasta Darul Irsyadiyah Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat diabaikan dalam kehidupan manusia. Hal ini dikarenankan bahwa dengan pendidikan manusia mampu mengangkat martabat dirinya menuju kepada peradaapan budaya dan pola pikir yang lebih maju, dinamis dan ilmiah. Melalui pendidikan akhlak manusia dapat terbentuk. Dalam kehidupan sehari hari akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran akidah akhlak dan pengaruhnya terhadap akhlak siswa di MTs Swasta Darul Irsyadiyah Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa diMTs Swasta Darul Irsyadiyah Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Pembelajaran akidah akhlak di maksudkan bukan sekedar mengajar, menghabiskan serta mengejar materi semata, akan tetapi membiasakan kepada peserta didik dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjukan perilaku peserta didik agar memiliki akhlak yang baik dengan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk memperaktikan nilai-nilai keyakinan agama sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Faktor terpenting dari seorang guru adalah akhlaknya, dengan akhlaknya itulah yang menentukan apakah ia bisa menjadi pendidik yang baik untuk peserta didiknya atau malah menjadi pengancur anak didiknya. Esensi studi pendidikan pembelajaran akidah akhlak guru bermuara pada akhlak guru. Akhlak terpuji dan akhlak tercela, yang dimiliki oleh seorang guru dalam melaksakana pembelajaran mempengaruhi tingkah laku peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Populasi dalam penelitian ini berjumlah kurang dari 100 maka penarikan sampel dalam penelitian ini dengan random sampling yang berjumlah 37 siswa, untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan angket.Pembelajaran akidah akhlak di MTs Swasta Darul Irsyadiyah, adalah sangat baik yaitu 79,1% terlihat dari hasil skor jawaban responden. Akhlak siswa di MTs Swasta Darul Irsyadiyah dari jawaban responden dapat digolongkan dengan kriteria cukup terlihat dari skor jawaban responden yaitu 70,8. Setelah diuji signitifikasi antara variabel x dan variabel Y maka ayang signitifikan antara pembelajaran akidah akhlak dan akhlak siswa, yang ditemukan angka koefisien regresi sebesar Y+ 35,175 + 0,565 X, dan nilai Fhitung > Ftabel atau (16,52>4,12) dengan demikian “ada yang signifikan antara Pembelajaran Akidah Akhlak dan pengaruhnya terhadap Akhlak Siswa Kelas III di MTs S Darul Irsyadiayah Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak; dan Akhlak Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:42
Last Modified: 03 Oct 2024 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item View Item