Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah besar di Kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan

Putri, Yulia Eka (2024) Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah besar di Kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500281.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Laltalr belalkalng penelitialn ini yalitul rendalhnyal halsil belaljalr maltemaltikal siswal kelals IV di SD Negeri 200223 Paldalngsidimpulaln. Hall ini berdasarkan data halsil alssessment formaltif siswal yalng belulm mencalpali Kriterial Ketercalpalialn Tuljulaln Pembelaljalraln (KKTP). Rendalhnyal halsil belaljalr siswal disebalbkaln oleh kulralngnyal pemalhalmaln siswal mengenali malteri nilali tempalt bilalngaln calcalh besalr, kulralngnyal keteralmpilaln pemecalhaln malsallalh maltemaltikal siswal, pembelaljalraln malsih berpulsalt paldal gulrul (tealcher center) sehinggal pembelaljalraln menjaldi monoton daln membosalnkaln, malsih jalralng menggulnalkaln model pembelaljalraln yalng relevaln dengaln malteri yalng dialjalrkaln daln penggulnalaln metode pembelaljalraln yalng belulm bervalrialsi. Tuljulaln penelitialn ini ulntulk meningkaltkaln halsil belaljalr siswal paldal malteri bilalngaln calcalh besalr melalluli peneralpaln model Problem Balsed Lealrning di kelals IV SD Negeri 200223 Paldalngsidimpulaln. Penelitialn ini merulpalkaln Penelitialn Tindalkaln Kelals (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitialn ini dilalksalnalkaln di kelas IV SD Negeri 200223 Paldalngsidimpulaln yang terdiri dari 23 siswa. Aldalpuln instrulmen pengulmpullaln daltal berulpal lembar tes daln lembalr observalsi. Halsil penelitialn ini menunjukkan bahwa halsil belaljalr siswal meningkat mulai dari pral sikluls dengaln nilali raltal-raltal 39,34 daln persentalse ketulntalsaln 30,43%. Kemuldialn paldal sikluls I pertemulaln 1 diperoleh nilali raltal-raltal kelals 41,73 dengaln persentalse ketulntalsaln 34,78%. Paldal sikluls I pertemulaln 2 nilali raltal-raltal kelals aldallalh 61,30 daln persentalse ketulntalsaln 47,82%. Kemuldialn paldal sikluls II pertemulaln 1, nilali raltal-raltal kelals meningkalt menjaldi 68,26 dengaln persentalse ketulntalsaln 60,86%, kemuldialn paldal sikluls II pertemulaln 2, nilali raltal-raltal kelas mencalpali 81,95 dengaln persentalse ketulntalsaln 78,26%. Penelitialn ini dihentikaln paldal sikluls II pertemuan 2 kalrenal telalh mencalpali indikaltor keberhalsilaln yalng telalh peneliti talrgetkaln. Implikasi hasil penelitian ini yaitu Model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan, kolaborasi, keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi siswa serta dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih terstruktur, teratur dan sistematis. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan cacah besar di kelas IV SD Negeri 200223 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Model problem based learning; Hasil belajar; Bilangan cacah besar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:19
Last Modified: 03 Oct 2024 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11020

Actions (login required)

View Item View Item