Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka fase E di SMA Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Sri Noptika (2024) Efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka fase E di SMA Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan efektivitas pembelajaran dan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka fase E di SMA Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ialah Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas X-4 di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka fase E di SMA Negeri 1 Angkola Barat sudah efektif. Dilihat dari perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu adanya analisis capaian pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan menyusun modul ajar. Kemudian dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran, terbentuk-nya siswa-siswi yang aktif, kritis, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu berkolaborasi sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka, hal ini juga didukung dengan metode pembelajaran yang dibuat oleh guru pendidikan agama Islam yaitu berupa metode tutor sebaya, dalam metode tutor sebaya ini menghasilkan siswa yang kritis. Terakhir dilihat dari evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ini untuk memperoleh kepastian mengenai keberhasilan belajar siswa. Melihat hasil nilai yang diperoleh oleh siswa, dari 36 siswa memperoleh nilai 68 – 78. Jikapun ada siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM, maka pihak sekolah (dalam hal ini guru) melaksanakan remediasi, yaitu program pembelajaran tambahan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A. dan Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd
Keywords: Efektivitas; Kurikulum Merdeka; Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:07
Last Modified: 03 Oct 2024 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item