Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru al-Quran Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Kelas VII di MTs YPKS Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara

Adilah, Rahmi (2024) Upaya guru al-Quran Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Kelas VII di MTs YPKS Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan kondisi proses belajar yang ditandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya Guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTS YPKS Padangsidimpuan? 2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di MTS YPKS Padangsidimpuan? Sesuai dengan fokuk penelitian di atas maka tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTS YPKS Padangsidimpuan.2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di MTS YPKS Padangsidimpuan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif, dalam penentuan informen menggunakan Purposive Sampling, dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan documenter. Dalam teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Upaya Guru Al-Quran Hadis dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII di MTS YPKS Padangsidimpuan yaitu: (a) Memanggil siswa tersebut untuk menanyakan di mana letak kesulitan siswa dalam memahami mata pelajaran yang di ajarkan. (b) Memanggil orang tua siswa untuk memberitahu bahwa anaknya mengalami kesulitan dalam belajar dan mengajak orang tua untuk pro aktif dalam masalah pendidikan anaknya. (c) Membuat kegiatan pendukung (ekstrakurikuler) yang berhubungan dengan pelajaran tersebut, contohnya dalam pelajaran Qur’an Hadits dengan membuat kegiatan Rumah Qur’an, Hadrah, Tilawah, Al Qur’an Camp, dll. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di mts YPKs padangsidimpuan yaitu: Faktor Internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunte, M.A dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd
Keywords: Upaya guru al-Quran Hadis; Kesulitan belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:08
Last Modified: 30 Sep 2024 07:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item