Suli, Ahmad Roy (2024) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui ekstrakurikuler Rohis untuk menumbuhkan karakter islami siswa SMAN 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini ialah adanya kemunduran sikap keberagamaan yang terjadi pada diri siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan zaman disertai masuknya budaya-budaya barat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Ditambah lagi dengan pembelajaran agama yang hanya berlangsung 3 jam dalam seminggu. Sehingga yang tersampaikan hanya sekedar pengetahuan saja tanpa disertai pembiasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses internalisasi nilai- nilai agama Islam dalam pembentukan karakter islami melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis di SMAN 3 Padangsidimpuan, apa nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan dan bagaimana implikasi dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter islami melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis SMAN 3Padangsidimpuan. Metodologi penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung mendatangi responden yang berada di tempat. Karena penelitian itu masih sangat luas pengertiannya maka penulis spesifikkan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisis data dilaksanakan dengan menggunakan model Miles and Huberman, analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif atau terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian yaitu proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter Islami melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis, dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, serta tahap pembiasaan. Nilai-nilai yang diinternalisasikan ialah nilai aqidah, syariah dan akhlak. Adapun Implikasi ataupun dampak dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat terlihat dari perilaku siswa yang sudah rutin mengikuti kegiatan Rohis. Adanya perubahan yang terjadi pada diri siswa, seperti siswa menjadi lebih sopan santun, lebih disiplin dan bertanggung jawab atas amanah dan segala sesuatu yang dikerjakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Fauziah Nasution, M.Ag dan Anwar Habibi Siregar, MA.Hk |
Keywords: | Internalisasi; Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; Karakter Islami; Rohis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10933 |
Actions (login required)
View Item |