Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan numerik anak usia dini melalui media flash card di TK Baitul Hikmah Al-Zain Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Evi Marlina (2024) Upaya meningkatkan kemampuan numerik anak usia dini melalui media flash card di TK Baitul Hikmah Al-Zain Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820600004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerik anak di TK Baitul Hikmah Al-zain. Adapun salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menggunakan cara-cara konvensional dalam pembelajaran sehingga kurang menarik minat belajar anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana gambaran kemampuan numerik anak usia dini di TK Baitul Hikmah Al-zain sebelum dan sesudah menggunakan media flash card?, apakah media flash card dapat meningkatkan kemampuan numerik anak usia dini di TK Baitul Hikmah Al-zain?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media flash card dapat meningkatkan kemampuan numerik anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumntasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash card dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mempermudah anak dalam memahami materi, menumbuhkan minat belajar anak dalam mengenal angka dan suasana kelas lebih menyenangkan. Peningkatan dapat dilihat dari siklusnya. Siklus I dan II, pertemuan I dan II. Anak mampu menyebutkan angka 1- 20 siklus I 60, 62% siklus II 77,5%, anak mampu membedakan angka 1-20 siklus I 48,12% siklus II 74,37%, anak mampu berhitung sesuai urutan 1-20 siklus I 63, 75% siklus II 83,12%, anak mampu menjodohkan angka sesuai jumlah gambar siklus I 46, 25% siklus II 76,87%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media flash card dapat meningkatkan kemampuan numerik anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Kemampuan Numerik; Flahs Card; Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:12
Last Modified: 24 Sep 2024 02:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item