Siregar, Abdul Rahman (2024) Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV MIN 1 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV MIN 1 Tapanuli Selatan. Berdasarkan hal tersebut masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih kurang bervariasi sehingga membuat siswa kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Solusi yang diberikan dengan penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sesuai dengan KKM yang berlaku di MIN 1 Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan media audiovisual pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV MIN 1 Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang syaratnya, siklus I dan siklus II, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah 25 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Media audiovisual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, meliputi media yang dapat dilihat dan didengar. Ada banyak jenis dari media audivosual. Media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar melalui penelitian yang dilakukan. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap, dan perilakunya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari kondisi awal, siklus I dan siklus II yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Peningkatan dilihat dari hasil tes dan observasi yang diberikan peneliti. Pada prasiklus dilaksanakan nilai rata-rata siswa di kelas IV adalah 46 dengan persentase ketuntasan 8%. Pada Siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata 50 dan persentase ketuntasannya 12%. Siklus I pertemuan kedua nilai rata- rata yang diperoleh 52 dan persentase ketuntasan 16%. Dan di siklus II pertemuan pertama nilai rata- rata yang diperoleh adalah 57,2 dan persentase ketuntasan 24%. Siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata yang diperoleh adalah 75,6 dan persentase ketuntasan 72%. hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan siklus I pertemuan pertama, kedua dan siklus II pertemuan pertama, kedua yaitu terdapat peningkatan jumlah nilai rata- rata dan persentase ketuntasan siswa pada pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Media Audiovisual; Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10925 |
Actions (login required)
View Item |