Almadani, Syarifah Hafsha (2023) Peningkatan keterampilan saintifik siswa dengan model pembelajaran problem based learning di Kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah keterampilan saintifik siswa di SD Negeri 200112 Padangsidimpuan masih tergolong rendah dan mengalami kesulitan dalam memberikan pengalaman keterampilan saintifik dari materi yang disampaikan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya ketertarikan siswa dalam belajar dan sistem pembelajaran yang kurang kolaboratif mengenai keterampilan sains. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan saintifik siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan menerapkan model problem based learning di kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan saintifik siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan menerapkan model problem based learning di kelas IV SD Negeri 200112 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri 200112 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200112 Padangsidimpuan tepatnya di kelas IV-A dengan jumlah siswa 24 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Problem Based Leaning dapat meningkatkan keterampilan saintifik siswa di kelas IV SD Negeri 200112 Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari observasi siswa dan guru yang menyatakan terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap keterampilan saintifik. Begitu pula dengan dukungan nilai tes dimana pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan hanya 33,3%. Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus 1 terbukti bahwa nilai siswa meningkat dimana persentase ketuntasan 41,7%. Kemudian di pertemuan kedua meningkat lagi persentase ketuntasan menjadi 45,8%. Karena peningkatan belum mencapai indikator keberhasilan tindakan, maka dilakukan perbaikan dan penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan persentase ketuntasan 66,7% dan pada pertemuan kedua persentase ketuntasan mencapai 83,3%. Karena keterampilan saintifik siswa tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditargetkan, maka penelitian dihentikan pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Keterampilan Saintifik; Model Problem Based Learning |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 01:53 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10924 |
Actions (login required)
View Item |