Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran project based learning siswa Kelas IV SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan

Hanipa, Nur (2024) Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran project based learning siswa Kelas IV SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi bagian-bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dan pemakaian model pembelajaran yang belum beragam. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa maka dapat digunakan model pembelajaran Project Based Learning yang mengakibatkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 100314 Huraba, dan apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 100314 Huraba. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Project Based Learningpada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 100314 Huraba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri100314 Huraba. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100314 Huraba tepatnya di kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA di SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Project Based Learning. Terbukti dari penilaian hasi belajar siswa terdapat peningkatan pada siklus I rata-rata 52,3, dan persentase ketuntasan 34,78% pada siklus II rata-rata 80,2 dan persentase ketuntasan 86,95%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar; Model Project Based Learning; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:41
Last Modified: 24 Sep 2024 02:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item