Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan lompat tali pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Khalili Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Harahap, Naila Bintang (2024) Upaya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan lompat tali pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Khalili Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan motorik kasar merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan menggunakan otot-otot besar yang harus dikembangkan sejak usia dini. Dalam kegiatan pembelajaran di RA AL KHALILI Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua yang dilakukan pada kegiatan pengembangan fisik khususnya pada kemampuan motorik kasar anak hasil yang dicapai belum maksimal. Hal ini terlihat dari perkembangan kemampuan motorik kasar anak yang masih kurang dalam kegiatan yang dilakukan, salah satunya dalam kegiatan melompat dari ketinggian 30-50 cm dengan keseimbangan badan ketika melompat. Pada kegiatan tersebut dilakukan dengan hanya melompat menggunakan tali karet. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah “apakah permainan lompat tali dapat mengembangkan perkembangan motorik kasar anak?”. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas, model yang digunakan yaitu terdiri atas 2 siklus dan difokuskan pada kegiatan pengembangan kemampuan motorik kasar anak dengan jumlah 15 anak. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis, dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu peneliti tindakan kelas yang dimulai dengan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I dan siklus II maka dapat peneliti simpulkan bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Peserta didik yang mampu melompat dengan baik pada siklus I pertemuan ke-1 mencapai 13%, pada pertemuan ke-2 mencapai 20%, pada pertemuan ke- 3 mencapai 20%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mencapai 33%, selanjutnya pada pertemuan ke-2 mencapai 67%, pada pertemuan ke-3 mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Anak usia dini; Motorik kasar; Permainan lompat tali
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170205 Neurocognitive Patterns and Neural Networks
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:02
Last Modified: 14 Oct 2024 04:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item