Simbolon, Marliana (2018) Pengaruh penggunaan Software GeoGebra terhadap pemahaman konsep pokok bahasan lingkaran siswa Kelas VIII MTs Swasta Daarul Muhsinin Janjimanahan Kawat Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Swasta Daarul Muhsinin Janjimanahan Kawat Kabupaten Labuhanbatu, disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan guru tidak menarik perhatian siswa, kurangnya penggunaan alat media, dan terlalu fokusnya guru menekankan siswa dengan sistem hapalan, sehingga antusias siswa dalam mengikuti pelajaran cukup minim sekali. Seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan matematika baik itu dalam menjelaskan kembali apa yang telah mereka pelajari, mengaplikasikan objek-objek dari sifat-sifat tertentu, membedakan suatu konsep dan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan software GeoGebra terhadap pemahaman konsep pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII MTs Swasta Daarul Muhsinin Janjimanahan Kawat Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen jenis desainnya Non Randomized Control Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Swasta Daarul Muhsinin Janjimanahan Kawat Kabupaten Labuhanbatu yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 202 siswa. Penentuan sampel dengan teknik non probability sampling yang dilakukan secara purposif sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 37 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data dengan menggunakan tes, yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan dengan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Adapun rata-rata posttest kelas eksprimen yaitu 79,55 dan nilai ratarata posttest kelas kontrol 74,29 dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung= 2,322 > ttabel = 2,00, yaitu ada pengaruh penggunaan software GeoGebra terhadap pemahaman konsep pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII MTs Swasta Daarul Muhsinin Janjimanahan Kawat Kabupaten Labuhanbatu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Software GeoGebra; Pemahaman konsep; Lingkaran |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100601 Arithmetic and Logic Structures 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 01:12 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 01:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1088 |
Actions (login required)
View Item |