Amin, Muhammad (2024) Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika, ditandai dengan nilai kuis yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Sehingga siswa kesulitan dalam belajar yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengejaran matematika yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektif penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dikelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dikelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 137 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Berdasarkan analisis data, soal postest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen 74,24 dan kelas kontrol 67,72. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel(2,336 >2,069) dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima artinya penggunaan metode pembelajaran problem solving kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 1 Angkola Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Problem solving; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 04:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10877 |
Actions (login required)
View Item |