Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok lingkaran melalui strategi pembelajaran inkuiri di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Linsari, Yuni (2018) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok lingkaran melalui strategi pembelajaran inkuiri di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi lingkaran. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik dan beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, sehingga siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha menyusun dan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada materi lingkaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah hasil belajar matematika siswa pada materi pokok lingkaran di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Batang Angkola dapat meningkat dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru dan guru sebagai observasi. Instrument yang digunakan yakni tes yang berbentuk esai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP N 2 Batang Angkola tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa yaitu siswa laki-laki 18 orang dan perempuan 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi lingkaran melalui strategi pembelajaran inkuiri, hal ini dapat dilihat dari rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 54,16 dan jumlah siswa yang tuntas 7 siswa dengan persentase 23,33 dari 30 siswa. Pada tes siklus 1 pertemuan pertama dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada materi lingkaran dapat meningkat dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 69 dan jumlah siswa yang tuntas 15 siswa dengan persentase 50 dari 30 siswa. Pada tes siklus 1 pertemuan kedua dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada materi lingkaran dapat meningkat dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 74,66 dan jumlah siswa yang tuntas 20 siswa dengan persentase 66, 66 % dari 30 siswa. Sedangkan pada tes siklus 2 Pertemuan pertama dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada materi lingkaran dapat meningkat dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 79 dan jumlah siswa yang tuntas 25 siswa dengn persentase 83,33 % dari 30 siswa.. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus 2 pertemuan I

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pembelajaran inkuiri; Hasil belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 29 Apr 2020 02:45
Last Modified: 01 May 2020 01:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item