Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Lubis, Nur Aminah (2024) Hubungan interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian ini adalah: proses pembelajaran yang terjadi di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan kurang efektif, kurang interaksi baik ataupun hubungan antara siswa dengan guru yang mengakibatkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk itu guru dituntut untuk berinteraksi dengan baik dengan siswa dalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan yang signifikan antara interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah Mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif adalah suatu metode yang dilakukan dengan menggunakan pengukuran dan analisis pada data-data angka (numerikal) yang diolah secara analisis statistic dan analisis korelasional. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: ada hubungannya antara interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan dapat disimpulkan: hasil data dari Variabel X yang diukur dengan angket ternyata diperoleh sebesar 81,25% tergolong pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil data Variabel Y yang di ukur dengan angket diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,44% tergolong pada kategori sangat baik. Analisis data yang diperoleh sebesar nilai r_hitung < r_tabel =0,978<0,368 maka uji signifikansi diperoleh thitung thitung >ttabel maka ada hubungan yang signifikansi antara interaksi guru dengan siswa terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag
Keywords: Hubungan interaksi guru dengan siswa; Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:23
Last Modified: 12 Sep 2024 03:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item