Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi laba kotor (studi kasus: PT. Mahaka Media Tbk periode 2010-2018)

Pane, Marna (2019) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi laba kotor (studi kasus: PT. Mahaka Media Tbk periode 2010-2018). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah terjadinya fenomena yang tidak sesuai dengan teori dimana, pada tahun 2012 dan 2015 penjualan mengalami penurunan sedangkan laba kotor mengalami kenaikan, pada tahun 2013 penjualan mengalami kenaikan sedangkan laba kotor mengalami penurunan, Pada tahun 2016 harga pokok penjualan mengalami kenaikan, sedangkan laba kotor mengalami kenaikan juga, pada tahun 2017-2018 harga pokok penjualan mengalami penurunan sedangkan laba kotor mengalami penurunan juga. Pada tahun 2011 dan 2013 volume penjualan mengalami kenaikan, sedangkan laba kotor mengalami penurunan, Pada tahun 2015 volume penjualan mengalami penurunan, sedangkan laba kotor mengalami kenaikan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori akuntansi. Teori laba membahas mengenai analisis laba kotor, dan faktor-faktor yang mempengaruhi laba kotor. Teori penjualan, teori harga pokok penjualan, dan teori volume penjualan, Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dan sumber data sekunder berupa data dokumentasi melalui situs resmi www.idx.co.id. Kemudian dianalisis menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penjualan, harga pokok penjualan, volume penjualan dan laba kotor. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (Uji t) penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba kotor dengan nilai thitung > ttabel (5,112 > 2.039), harga pokok penjualan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap laba kotor dengan nilai thitung < ttabel (-0,658 < 2.039), dan volume penjualan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap laba kotor dengan nilai thitung < ttabel (-0,440 < 2.039). Sedangkan secara simultan (Uji F), penjualan, harga pokok penjualan, dan volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba kotor, dengan nilai Fhitung > Ftabel (107,326 > 3.30).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Jumi Atika, M.E.I
Keywords: Penjualan; Harga pokok penjualan; Volume penjualan; Laba kotor
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:45
Last Modified: 10 Sep 2024 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item