Daulay, Silpa Setti (2024) Pengaruh penerapan metode audio lingual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap peningkatan minat baca siswa Kelas IV SD Negeri 101104 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500187.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, ini mengakibatkan adanya rasa jenuh ataupun bosan dan berujung pada kurangnya minat baca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian ini menerapkan metode pembelajaran berupa metode Audio Lingual dengan menggunakan rekaman suara yang dapat menarik minat baca atau perhatian siswa sehingga tidak mudah jenuh serta dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah peneltian ini yaitu apakah ada pengaruh penerapan metode Audio Lingual dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat baca siswa kelas IV SD Negeri 101104 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 101104 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas IV sebanyak 39 peserta didik. Siswa yang akan diberi perlakuan dengan menggunakan metode Audio Lingual sebanyak 26 pesera didik. Berdasarkan pemerolehan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Audio Lingual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat baca siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia pada kelas IV SD Negeri 101104 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah di lakukan yaitu diperoleh thitung sebesar 9,84 dan ttabel yaitu 2,06. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Audio Lingual dalam meningkatkan minat baca siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dikelas IV SD Negeri 101104 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Minat baca; Audio lingual; Rekaman suara/video; Pemahaman siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10808 |
Actions (login required)
View Item |