Hasibuan, Isna Dewi (2024) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode problem solving siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pasar Matanggor. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
19205000014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pasar Matanggor. Metode pemecahan masalah problem solving adalah sebuah metode pembelajaran yang berupaya membahas permasalahan untuk mencari pemecahan atau jawabannya. Sebagai metode mengajar, metode pemecahan masalah sangat baik bagi pembinaan sikap ilmiah pada para siswa. Istrumen penelitian yang digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan siswa adalah lembar observasi, lembar observasi guru, lembar observasi siswa. Instrument tes hasil belajar siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa atau tingkat penguasaan materi pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam penelitian ini berupa tes. Hasil belajar merupakan salat terselesaikannya bahan pelajaran. Bukti bahwa seseorang telah belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 1 Pasar Matanggor masih kurang aktif, sehingga kurang antusias siswa untuk belajar, banyak siswa yang sibuk mengobrol dengan teman-temannya bahkan ada yang bermain-main sehingga menyebabkan kurang fokus belajal dan materi yang tidak tersampaikan dengan utuh kepada seluruh siswa, kondisi tersebut menyebabkan rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan sebuah upaya perbaikan pada proses pembelajaran melalui penerapan metode Problem Solving. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Pasar Matanggor Tahun Pelajaran 2023/2024? Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Problem Solving. Penelitian menggunakan model PTK dengan penerapan metode problem solving dalalm meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Pasar Matanggor Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap kegiatan siswa dan lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis yang telah dilalukan diketahui bahwa dengan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Pasar Matanggor, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil posttes terjadi peningkatan 25% dari siklus I dengan hasil 70% dan siklus II 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar pada proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Pasar Matanggor Tahun Pelajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
Keywords: | Peningkatan; Hasil Belajar; Metode Problem Solving |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 09:03 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10807 |
Actions (login required)
View Item |