Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berceria anak usia 5-6 tahun di RA Amanah Padangsidimpuan Hutaimbaru

Akhmadi, Gita Nur (2024) Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berceria anak usia 5-6 tahun di RA Amanah Padangsidimpuan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B di RA Amanah Padangsidimpuan Hutaimbaru, diketahui bahwa anak yang belum mampu untuk bercerita. Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya wawancara dengan salah satu tenaga pengajar yang menegaskan bahwa kegiatan bercerita yang dilakukan masih seputar menggunakan buku cerita. Bercerita bagi anak-anak ketika kegiatan dikelas tidak menarik, karena yang terjadi pada saat kegiatan pembelajaran tidak digunakan media yang dapat merangsang anak untuk bercerita. Selain itu ketika kegiatan bercerita tidak melibatkan anak, namun anak disuruh untuk menyimak dan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut membuat anak asyik main sendiri dan tidak mau mendengarkan guru ketika bercerita, media yang digunakan hanya sebatas buku cerita Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di RA Amanah Padangsidimpuan Hutaimbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di RA Amanah Padangsidimpuan Hutaimbaru Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian quasi experimental design. Populasinya adalah seluruh anak yang ada di kelas B RA Amanah Padangsidimpuan Hutaimbaru dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri atas 23 anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan media pembelajaran flashcard. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata pre-test (16,39) dan post-test (23,35) terdapat pengaruh yang signifikan ekperimentasi media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di RA Amanah Padangsiimpuan Hutaimbaru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Penggunaan media flashcard; Kemampuan bercerita
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:27
Last Modified: 29 Aug 2024 04:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item