Sari, Yolanda (2024) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi lingkaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720200096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat berguna bagi siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya komunikasi matematis siswa dapat mengungkapkan ide secara tepat baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan komunikasi menjadi penting ketika diskusi antar siswa dilakukan, dimana siswa diharapkan mampu menyatakan, menjelaskan, menggambarkan, mendengar, menanyakan dan bekerjasama sehingga dapat membawa siswa pada pemahaman yang mendalam tentang matematika. Anak – anak yang diberikan kesempatan untuk bekerja dalam kelompok dalam mengumpulkan dan menyajikan data, mereka menunjukkan kemajuan baik di saat mereka saling mendengarkan ide yang satu dan yang lain, mendiskusikannya bersama kemudian menyusun kesimpulan yang menjadi pendapat kelompoknya. Peneliti merumuskan masalah penelitian yaitu: Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah akan dapat meningkaatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas XI SMKN 1 Batang Angkola?. Tujuan masalah penelitian yaitu: Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah akan dapat meningkaatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas XI SMKN 1 Batang Angkola. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas, dapat diartikan sebagai suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan melalui beberapa siklus secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkanmutu proses pembelajaran di kelasnya. Berdasarkan paparan pembahasan penelitian ini dimana dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan kontribusi dan solusi pada permasalahan yang ada di kelas XI Tehnik Kenderaan Ringan-1 SMK N 1 Batang Angkola. Hal ini dapat menjawab rumusan masalah pada BAB I yaitu dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah akan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas XI SMKN 1 Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan Komunikasi; Matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:36 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 08:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10770 |
Actions (login required)
View Item |