Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di Kelas V SD Negeri 200311 Pudun Jae Padangsidimpuan

Yulizar, Muhammad (2023) Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di Kelas V SD Negeri 200311 Pudun Jae Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dari hasil observasi peneliti pada sekolah SD Negeri 200311 Pudun Jae terlihat siswa kurang bergairah pada saat mengikuti pembelajaran dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Adapun rumusan masalah adalah Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan PBL di kelas V SD Negeri 200311 Pudun Jae. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai aktivitas guru dan siswa dalam tema 6 subtema 1 pelajaran 1 serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan PBL di kelas V SD Negeri 200311 Pudun Jae. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 200311Pudun Jae yang berjumlah 19 orang siswa dengan KKM individual 75 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumupulan data menggunakan:(1)Observasi, (2) Pre test. (3) Post test kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 67,87, siklus II memproleh nilai 85,7%. (2)hasil belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 21,05%, siklus I sebesar 52,63%, pada siklus II 84,21%. Dengan demikian. dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 200311 Pudun Jae

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Problem based learning; Peningkatan; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:42
Last Modified: 23 Aug 2024 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item