Nasution, Lukman Hakim (2023) Pertanggungjawaban hukum penyedia jasa titip terhadap konsumen menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (studi kasus di Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1910200032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pertanggungjawaban hukum penyedia jasa titip terhadap konsumen menurut Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen bertujuan untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada penyedia jasa titip terutama di Kota Padangsidimpuan, adapun masalah yang sering terjadi adalah terjadi cacat produk seperti adanya kerusakan barang pada saat pemilik jasa titip memberikan barang tersebut kepada konsumen (barang pecah, makanan basi/expired atau barang tidak sesuai dengan pesanan konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas, ada beberapa permasalahan yang dirumuskan yaitu pertama, mengenai bentuk pertanggungjawaban jasa titip terhadap konsumen menurut undang-undang. Kedua, mengenai bentuk pertanggungjawaban jasa titip terhadap konsumen menurut Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Ketiga, mengenai bentuk pertanggungjawaban jasa titip terhadap konsumen menurut undang-undang di kota Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer berupa hasil wawancara dengan penyedia jasa titip beli online yaitu admin akun Instagram @siah_jastip dan beberapa customer yang menggunakan jasa dari akun @siah_jastip. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan karya tulis lain yang berhubungan dengan isi penelitian. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analitis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk pertanggungjawaban hukum penyedia jasa titip terhadap konsumen menurut Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Yaitu dengan mengumpulkan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bentuk pertanggungjawaban jasa titip terhadap konsumen pada @siah_jastip sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, yaitu berupa pemberian ganti rugi yang sesusai dengan peraturan perundang-undangan terhadap kerusakan pada produk yang dipesan konsumen dan bentuk pertanggungjawaban jasa titip terhadap konsumen pada @siah_jastip di Kota Padangsidimpuan, yaitu barang yang diterima konsumen sesuai dengan yang dipesan/order dan para konsumen merasa senang karena bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan mudah walaupun harus membayar upah/fee.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr.H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Adi Syahputra Sirait, M.H.I |
Keywords: | Pertanggungjawaban; Jasa titip; Konsumen |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 06:03 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 06:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10746 |
Actions (login required)
View Item |