Harahap, Siti Nurhikmah (2024) Pengaruh experiential marketing dan marketing mix terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada Kafe Sahabat Kopi Gunung Tua). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Bisnis yang saat ini banyak diminati oleh pelaku usaha dan masyarakat umum, khususnya di sektor kuliner, adalah membuka sebuah kafe. Kafe menjadi pilihan utama bagi generasi milenial karena dianggap sebagai tempat yang ideal untuk bersantai, melepaskan penat, serta bertemu dengan teman atau keluarga sambil menikmati suasana yang nyaman. Salah satu contohnya adalah Kafe Sahabat Kopi yang terletak di Gunung Tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Experiential Marketing dan Marketing Mix terhadap minat beli konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori-teori yang terkait dengan minat beli, experiential marketing, dan marketing mix. Minat beli (Y) merupakan perilaku konsumen yang mencerminkan keinginan dalam memilih dan mengkonsumsi suatu produk. Experiential marketing (X1) adalah strategi pemasaran yang menekankan pengalaman konsumen terhadap produk tersebut. Sementara Marketing Mix (X2) adalah konsep yang menggabungkan berbagai elemen seperti produk, harga, distribusi, dan promosi untuk mencapai tujuan pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif, menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan metode pengambilan sampel acak sederhana. Analisis data melibatkan uji validitas, reliabilitas, normalitas, asumsi klasik, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil analisis data menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari experiential marketing dan marketing mix terhadap minat beli konsumen pada Kafe Sahabat Kopi Gunung Tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Ananda Anugrah Nasution, S.E., M.Si |
Keywords: | Minat beli; Experiential marketing; Marketing mix |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 05:51 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 05:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10743 |
Actions (login required)
View Item |