Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bermain balok terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan

Siregar, Siti Kholila (2023) Pengaruh bermain balok terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menerapkan metode bermain sambil belajar bagi aspek perkembangan anak usia dini. Metode bermain penting diterapkan supaya anak tidak mudah bosan dan antusias dalam belajar. Bermain balok merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini salah satunya aspek perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bermain balok terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori yang berkaitan dengan perkembangan kognitif. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori Jean Piaget yang menyatakan bahwa anak secara aktif membangun pemahaman mengenai dunia melalui empat tahap perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif ini dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain balok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 40 anak dengan sampel yang diambil sebanyak 30 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes berupa lembar kerja anak dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 89, 97 dan kelas kontrol sebesar 67,80. Hasil yang diperoleh dari Uji t nilai signifikansi 5% yaitu thitung > ttabel sehingga 9,896 > 2,160 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh signifikan dari metode bermain balok terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahmadani Tanjung M.Pd
Keywords: Bermain; Balok; Kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:37
Last Modified: 08 Aug 2024 07:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item