Nasution, Ayu Arifah (2023) Peningkatan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role playing di Kelas IV SD Negeri 256 Muara Soma Kec. Batang Natal Kab. Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi karena masih kurangnya keterampilan berbicara siswa serta kurang bervariasi metode pembelajaran yang diterapkan sehingga jadi faktor kurangnya siswa dalam berbicara. Di samping itu kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Untuk mengetasi kurangnya keterampilan berbicara siswa, dengan menggunakan metode role palying diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode role palying dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode role palying di kelas IV SD Negeri 256 Muara Soma Kec. Batang Natal Kab. Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role palying di kelas IV SD Negeri 256 Muara Soma Kec. Batang Natal Kab. Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan metode role playing yang berupaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pda mata pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini maka peneliti ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sd Negeri 256 Muara Soma yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian terbukti adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role palying. Dalam Pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 33%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 7 siswa dengan persentase 38%. Pada siklus I pertemuan ke 2 terjadi lagi peningkatan menjadi 10 siswa dengan persentase 55%.kemudian pada siklus ke II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 66% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa,pada pertemuan ke 2 meningkat menjadi 15 siswa dengan persentase 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Role playing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10733 |
Actions (login required)
View Item |