Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi program linear di Kelas XI MAN 3 Mandailing Natal

Sari, Elwida (2024) Analisis kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi program linear di Kelas XI MAN 3 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, membingungkan untuk dipahami sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami dan menyelesaikan soal-soal tingkat Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi program linear di kelas XI MAN 3 Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi program linear di kelas XI MAN 3 Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang dirancang untuk mengetahui deskripsi kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi program linear. Subjek yang dipilih pada penelitian ini adalah siswa kelas XI. Subjek yang dipilih tersebut diberikan tes, kemudian dipilih 3 siswa dari subjek tersebut untuk diwawancarai agar peneliti dapat menelusuri kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan hasil penelitian ini, kelsullitan siswa dalam melmahami soal HOTS yaitu kesulitan menyajikan konsep dalam bentuk refresentasi matematis, kesulitan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, kebiasaan menggunakan, mememfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, kesulitan mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Sedangkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu kesulitn memahami soal, transformasi, keterampilan proses, kesimpulan. Adapun skor pada setiap indikator yaitu, pada indikator menganalisis masih dikategorikan rendah dengan skor nilai 54,5, sedangkan pada indikator mengevaluasi masih dikategorikan rendah dengan skor nilai 54,5, dan pada indikator mencipta dikategorikan sedang dengan skor nilai 55. Sedangkan untuk keseluruhan nilai yang dimiliki oleh siswa kelas XI MIA-1 MAN 3 Mandailing Natal dalam memahami dan menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi program linear memiliki rata-rata 54.455, yang termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Kesulitan; Higher Order Thinking Skill (HOTS); Program linear
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:22
Last Modified: 08 Aug 2024 06:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item