Lubis, Lisda (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi pecahan di SD Negeri 100316 Pargarutan Julu. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2250500019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, yang menemukan bahwa media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk materi pecahan di Sekolah Dasar belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva untuk materi pecahan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pecahan di Sekolah Dasar melalui media yang lebih menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan/Research and Development (R&D) yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan format produk awal, 4) Uji coba awal, 5) Revisi produk, 6) Uji coba lapangan, 7) Revisi produk, 8) Uji lapangan, 9) Revisi produk akhir, 10) Diseminasi dan Implementasi. Analisis data validasi media dilakukan melalui lima komponen, yaitu materi, keterkaitan standar kompetensi/kompetensi dasar/kurikulum, akurasi materi, penyajian pembelajaran, dan komunikatif serta interaktif. Hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Canva sangat valid, dengan persentase kevalidan mencapai 88%. Uji praktikalitas media dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa media ini sangat praktis digunakan oleh guru dan siswa, dengan persentase kepraktisan mencapai 90% untuk guru dan 94% untuk siswa. Selanjutnya, uji efektivitas dilakukan melalui eksperimen perbandingan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dengan siswa yang tidak menggunakannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji one sample t-test yang menunjukkan thitung 6,91 > ttabel 2,06 pada tingkat signifikansi 0,05. Nilai rata-rata pemahaman konsep pecahan siswa yang menggunakan media ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakannya. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva merupakan solusi efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang telah teruji validitasnya, kepraktisannya, dan keefektifannya. Media ini terbukti sangat efektif dalam mendukung pembelajaran matematika, terutama pada materi pecahan. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva tidak hanya bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini mendukung upaya inovasi dan peningkatan efektivitas pembelajaran di era digital, memperkaya literatur pendidikan, dan menyediakan panduan inovatif bagi pengembangan pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Media pembelajaran interaktif; Canva; Pecahan; Pembelajaran matematika; Penelitian & pengembangan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10724 |
Actions (login required)
View Item |