Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis hierarki pengaruh dalam manajemen komunikasi media Medan Bisnis Daily di era digital

Nasution, Ikhwan (2024) Analisis hierarki pengaruh dalam manajemen komunikasi media Medan Bisnis Daily di era digital. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250400002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hierarki pengaruh dalam manajemen komunikasi media Medan Bisnis Daily di tengah persaingan media di era digital. Dengan mengambil fokus masalah upaya/kebijakan yang di lakukan dan bagaimana manajemen komunikasi media Medan Bisnis Daily, untuk menghadapi persaingan bisnis di era digital tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis teori hierarki Shoemaker dan Reese dengan didukung dari teori-teori lain sebagai kerangka pisau analisisi. Data yang dikumpulkan atau diperoleh dari observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi yang kemudian data tersebut telah diuji keabsahannya melalui teknik teriagulasi. Dari hasil penelitian menemukan bahwa, yang telah dilakukan Medan Bisnis Daily dalam menghadapi persaingan bisnis media di era digital meliputi : a. Transformasi media dari cetak ke media online, b.Efisiensi SDM dan Manajemen, c.Efektifitas dan Produktifitas, d.Respon cepat isu-su terkini, e.Membangun kerjasama, f. Honor dan bonus kinerja. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa media Medan Bisnis Daily lebih dominan dipengaruhi oleh level rutinitas dalam kerangka teori analisis pengaruh sebagaimana digagas oleh Shoemaker dan Reese, meskipun level individu, organisasi, ektramedia dan ideologi juga memberikan pengaruh yang positif. Manajemen komunikasi yang dilakukan Medan Bisnis Daily dalam mengelola media lebih efektif dengan mengunakan media sosial sebagai alat komunikasi termasuk rapat-rapat redaksi tanpa harus tatap muka. Kebijakan-kebijakan redaksi dilakukan secara daring melalui grup media sosial seperti grup WhatsApp. Strategi manajemen komunikasi Medan Bisnis Daily lebih kepada peningkatan level rutinitas dan individu, pelatihan dan juga pola kemitraan. Menjadikan iklan, kerjasama pemberitaan dan follower sebagai sumber pemasukan perusahaan tanpa mempengaruhi independensi media.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A
Keywords: Kebijakan; Manajemen komunikasi; Medan bisnis
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:35
Last Modified: 05 Aug 2024 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item