Khair, Muhammad Iqbal (2023) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2150100002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini fokus pada penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Padangsidimpuan. Dengan pergantian kurikulum yang diterapkan pada setiap satuan pendidikan setelah penerapan kurikulum 2013, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Kemendikbud, pada sambutannya menyampaikan bahwa penerapan kurikulum ini bertujuan untuk menyederhanakan kelengkapan administrasi guru dalam proses pembelajaran di kelas. Namun realitanya, ada dampak negatif yang ditemukan di lapangan dalam penerapan Kurikulum Merdeka belajar ini yaitu pada penerapan RPP Efektif, Efisien dan Berorientasi pada siswa dalam proses pembelajran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti merumuskan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan kurikulum Merdeka belajar pada kebijakan penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP efektif, efisien dan berorientasi pada siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Padangsidimpuan dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum mereka belajar pada kebijakan penerapan RPP efektif, efisien dan berorientasi pada siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif yaitu dengan melakukan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum Merdeka belajar pada kebijakan penerapan RPP efektif, efisien dan berorientasi pada siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Padangsidimpuan yaitu dapat dikatakan baik. Akan tetapi, sebagian dari guru masih ada yang merasa kewalahan pada persiapan perangkat pembelajaran (RPP). Kebijakan pada penerapan kurikulum Merdeka belajar ini yaitu dengan melaksanakan pelatihan dan bimbingan terhadap guru sehingga guru lebih mudah dalam menerapkan berbagai komponen Kurikulum Merdeka belajar. Adapun faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum Merdeka belajar pada perencanaan perangkat pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah pertama SMP Negeri 2 Padangsidimpuan yang ditemukan penulis di lapangan yaitu kebijakan kepala sekolah, kompetensi guru, kreativitas peserta didik, dan ketersediaan fasilitas belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 05:15 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 05:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10709 |
Actions (login required)
View Item |