Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran PAI pada aspek sikap spiritual dan sikap sosial berorientasi teknik penugasan portofolio di SMP Negeri 2 Silangkitang

Fuadi, Wirdatul (2023) Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran PAI pada aspek sikap spiritual dan sikap sosial berorientasi teknik penugasan portofolio di SMP Negeri 2 Silangkitang. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Hasil evaluasi pembelajaran hanya pada ranah kognitif saja. Hal tersebut sesuai dengan perangkat pembelajaran RPP Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Silangkitang dalam evaluasi pembelajaran portofolio dengan membuat paparan tentang kandungan materi dan membuat paparan analisis mengenai materi. Guru belum pernah menggunakan perangkat evaluasi pembelajaran pada aspek sikap spiritual dan sikap sosial dengan berorientasi teknik penugasan portofolio. Hal ini disebabkan kurangnya kemauan dan pengetahuan guru untuk menggunakan teknik penugasan portofolio dalam aspek sikap spiritual dan sikap sosial pada saat melakukan evaluasi pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan hasil rancangan perangkat evaluasi pembelajaran PAI pada aspek sikap spiritual dan sikap sosial dengan berorientasi teknik penugasan portofolio di SMP Negeri 2 Silangkitang, untuk menemukan praktikalitas perangkat evaluasi pembelajaran PAI pada aspek sikap spiritual dan sikap sosial berorientasi teknik penugasan portofolio di SMP Negeri 2 Silangkitang, dan untuk menemukan efektivitas hasil pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran PAI pada aspek sikap spiritual dan sikap sosial berorientasi teknik penugasan portofolio di SMP Negeri 2 Silangkitang. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran PAI pada aspek sikap spiritual dan aspek sikap sosial berorientasi teknik penugasan portofolio adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. ADDIE menggunakan lima tahap atau langkah pengembangan yakni: Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/eksekusi), dan Evaluation (evaluasi/umpan balik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan perangkat evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada aspek sikap spiritual dan aspek sikap sosial dengan berorientasi teknik penugasan portofolio di SMP Negeri 2 silangkitang memenuhi kriteria sangat valid. Praktisasi perangkat evaluasi bentuk Lembar Kerja Peserta Didik dengan teknik penugasan portofolio dilihat dari persentase rata-rata respon peserta didik yaitu sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Aspek keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi teknik penugasan portofolio diperoleh berdasarkan hasil angket respon guru di atas. Hasil rekapitulasi data dari skor respon guru terhadap keefektifan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori sangat baik. LKPD yang telah dikembangkan sangat baik jika dilihat dari keefektifannya. Hal ini dikatakan berdasarkan persentase perolehen yang telah diperoleh, yaitu 95% sangat baik dan 5% baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Magdalena, M.Ag
Keywords: Perangkat evaluasi; Pendidikan Agama Islam; Aspek sikap spiritual; Aspek sikap sosial; Penugasan portofolio
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:25
Last Modified: 30 Jul 2024 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item