Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis media sosial untuk meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik SMK

Hariyani, Novita (2023) Pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis media sosial untuk meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik SMK. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150500004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam kaitannya dengan usaha mencapai tujuan pembelajaran, media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana yang dapat membantu proses pembelajaran, karena berkaitan dengan indera pendengaran dan penglihatan. Media pembelajaran dapat mempercepat proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien dalam suasana yang kondusif, sehingga dapat membuat pemahaman peserta didik lebih cepat. Penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik. Media pembelajaran mampu memberikan gambaran yang lebih jelas kepada peserta didik tentang materi yang sedang dipelajari. Dengan penggunaan media, waktu penyampaian materi menjadi lebih cepat, karena media membantu memvisualisasi dan mengurangi verbalisme di kelas, serta guru tidak perlu menjelaskan berulang-ulang ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Namun guru tetap menjadi fasilitator dan mitra peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus mampu melihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik, salah satunya adalah penggunaan media sosial. Memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran dan melibatkan peserta didik dalam pembuatan media itu sendiri akan sangat membantu mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran, tidak hanya dalam ranah kognitif tapi juga ranah psikomotoriknya. Ranah psikomotorik yang dihasilkan dari pelibatan peserta didik dalam pembuatan media pembelajaran secara otomatis akan meningkatkan kemampuan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, and Collaboration) sebagai tuntutan dari abad 21 saat ini. Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK adalah jenjang pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan tamatan yang produktif. SMK bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan dunia kerja, serta mampu mengembangkan potensi diri dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Diharapkan penelitian ini berguna bagi guru sebagai referensi pemilihan media pembelajaran yang tepat dan sesuai kebutuhan peserta didik SMK khususnya, sehingga memperoleh hasil belajar seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Media pembelajaran inovatif; Media sosial; Keterampilan abad 21; Peserta didik SMK
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:12
Last Modified: 30 Jul 2024 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item