Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep segitiga dan segiempat di Kelas VII SMP Negeri 2 Siabu

Zulida, Yuni Kartika (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep segitiga dan segiempat di Kelas VII SMP Negeri 2 Siabu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika. Apabila soal yang diberikan sedikit berbeda dengan contoh soal yang sudah diberikan oleh guru, maka banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal matematika tersebut. Siswa mengalami kesulitan dalam membangun ide-ide dan gagasan-gagasan baru untuk menyelesaikan permasalahan soal tersebut dan ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dalam menjawab soal masih kurang. Disamping itu yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 2 Siabu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahamn konsep segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 2 Siabu.Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VII dan pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 81,75 dan kelas kontrol sebesar 76,40. Ada pengaruh yang signifikan eksperimentasi model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 2 Siabu.hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu t_(hitung )> t_(tabel ) sehingga 2,071 > 2,024 maka H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran problem based learning; Pemahaman konsep; Segitiga dan segiempat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:28
Last Modified: 25 Jul 2024 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item