Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi Kec. Portibi Kab. Paluta

Hasibuan, Lasmi (2024) Pembinaan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi Kec. Portibi Kab. Paluta. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Guru yang berada di SMA Negeri 1 Portibi belum menanamkan seutuhnya pembinaan karakter peduli lingkungan pada siswa sehingga mengakibatkan masih ada siswa yang membuang sampah sembarangan, tidak melakukan piket kelas, mencabuti daun tanaman, mencoret-coret dinding dan meja sekolah dan memainkan wastafel air di sekolah. Rumusan penelitian ini adalah, Apa saja langkah-langkah yang dilakukan dalam pembinaan karakter peduli lingkungan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi kecamatan Portibi Kabupataen Padang Lawas Utara, Apa saja faktor penghambat dalam pembinaan karakter peduli lingkungan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi kecamatan Portibi Kabupataen Padang Lawas Utara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan karakter peduli lingkungan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi kecamatan Portibi Kabupataen Padang Lawas Utara dan untuk mengetahuin faktor penghambat dalam pembinaan karakter peduli lingkungan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi kecamatan Portibi Kabupataen Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi Kecamatan Portibi Kabupataen Padang Lawas Utara dan sebagai sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data dalam penelitian ini adalah Reduksi Data, Penyajian data, Kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian analisis data wawancara, penulis menemukan bahwa Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Portibi Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara adalah melalui keteladanan, pembiasaan dan menjaga lingkungan sekolah dengan tidak merusaknya. Faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter peduli lingkungan terhadap siswa adalah kurangnya kesadaran siswa, sulit mengontrol siswa dan rasa malas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Pembinaan karakter; Peduli lingkungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:21
Last Modified: 04 Jul 2024 08:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item