Simbolon, Fitriani Rizki (2019) Standar proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian yaitu Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus sesuai dengan panduan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 pasal II ayat 5 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan “Kurikulum pendidikan agama dilaksanakan sesuai Standar Nasional Pendidikan”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan besifat deskriptif, yaitu penelitian yang memaparkan data secara sestematis dan faktual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan dan fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian ini menunjukkan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan, dilaksanakan dengan konsep Kurikulum 2013. Sedangkan prinsip perencanaannya diantaranya adalah berdasarkan silabus yang telah dikembangkan, mengedepankan perencanaan pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa, dan juga memuat cara-cara dan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran. Sementara langkah-langkahnya terdiri dari memetakan kompetensi, menentukan tema, menyusun silabus, dan menyusun RPP. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan, melalui tahapan Kegiatan Pendahuluan dan Kegiatan Inti/Kegiatan Pembelajaran. Penilaian proses dan hasil pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 3 padangsidimpuan dilakukan di akhir pembelajaran berupa pemberian tugas dan tes formatif dan sumatif. Adapun hasil proses pembelajaran dilakukan pada akhir pembelajaran maupun dalam satu semester setelah melakukan ujian semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan agama Islam; standar pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 14:00 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 14:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1063 |
Actions (login required)
View Item |