Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis dampak program BUMDes bersama dalam meningkatkan ekonomi usaha kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Desa Sigama Ujung Gading

Ritonga, Apra Zahani (2024) Analisis dampak program BUMDes bersama dalam meningkatkan ekonomi usaha kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Desa Sigama Ujung Gading. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hadirnya program BUMDes Bersama yaitu kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Desa Sigama Ujung Gading yang merupakan mekanisme pemberdayaan masyarakat dalam upaya menanggulangi kemiskinan, dengan memberikan pinjaman dana sebagai modal usaha. Namun fenomena yang terjadi tingkat ekonomi dan usaha anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan di Desa Sigama Ujung Gading tidak berkembang sehingga mengakibatkan kredit macet setiap bulannya. Berdasarkan dari latar belakang masalah, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimana dampak program BUMDes Bersama dalam meningkatkan ekonomi usaha kelompok Simpan Pinjam Perempuan di Desa Sigama Ujung Gading. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dampak program BUMDes Bersama dalam meningkatkan ekonomi usaha kelompok Simpan Pinjam Perempuan di Desa Sigama Ujung Gading. Pembahasan dalam penelitian berkaitan dengan program BUMDes Bersama, Simpan Pinjam Perempuan, Peningkatan ekonomi dan usaha. Sebagai bentuk penelitian lapangan, yaitu kegiatan penelitian yang digunakan untuk mengadakan pengamatan dan memperoleh data di lapangan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari informan di lapangan yaitu anggota kelompok SPP Desa Sigama Ujung Gading. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dampak program Simpan Pinjam Perempuan ini berdampak positif dan negatif dalam meningkatkan ekonomi usaha. Terdapat 40% dari anggota kelompok mengalami dampak positif dari program SPP. Dari pernyataan 8 anggota kelompok SPP semenjak adanya program simpan pinjam ini mereka dapat meningkatkan ekonomi usaha, menambah modal usaha dan mengembangkan usaha mandiri atau usaha mereka sendiri dengan berdagang dan hasil dari usaha itu mereka mendapat penghasilan, dan membantu dalam pembiayaan pendidikan anaknya. Sedangkan 60% dari anggota kelompok mengalami dampak negatif dari program SPP ini. Dari pernyataan 7 anggota kelompok mengatakan dana yang diberikan terlau sedikit sehingga tidak cukup untuk membangun usaha. Dan pernyataan dari 5 anggota lainnya mengatakan tidak memanfaatkan dana dari program SPP sebagai modal usaha melainkan untuk kebutuhan mendesak dan kebutuhan lainnya sehingga mengalami kesulitan membayar kredit setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: BUMDes bersama; SPP; Peningkatan ekonomi; Usaha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:01
Last Modified: 04 Jul 2024 02:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

View Item View Item