Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padangsidimpuan

Mayani, Warti (2024) Strategi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah pelaku UMKM Sehingga pertumbuhan ekonomi di padangsidimpuan mengalami naik turun, Dinas Koperasi Kota Padangsidimpuan sebagai pemangku kepentingan dalam memajukan masyarakat terutama pada bagian UMKM, mengharuskan Dinas Koperasi harus memiliki strategi yang tepat dalam mengembangkan usaha pelaku UMKM melalui pemberdayaan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait strategi, upaya dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Dinas Koperasi Kota Padangsidimpuan dalam upaya pemberdayaan UMKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang bersumber dari observasi, wawancara, dan Dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis SOAR (Strenghtt, Opportunity, Aspiration, Result). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan UMKM adalah Meningkatkan kemitraan dengan bekerja sama dengan perbankan serta toko modren, melakukan pelatihan yang rutin kepada pelaku UMKM dalam pelatihan pemberdayaan UMKM. melakukan pelatihan pemasaran digital marketing dengan memanfaatkan sosial media dan aplikasi shop yang telah tersedia dan mendukung sebagai sarana promosi, penambahan fasilitasi dengan memanfaatkan anggaran yang ada berupa sarana-prasarana yang dibutuhkan dalam meningkatkan produksi usaha, dan juga Meningkatkan legalitas produk usaha dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sertifikat halal dan hak intelektual/hak merek produk. Kendala yang dihadapai oleh dinas koperasi dalam melakukan pemberdayaan UMKM yaitu Keterbatasan Pengetahuan Pelaku UMKM Dalam Pemasaran Digital dan juga minimnya minat Pelaku UMKM Dalam Mengikuti Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Strategi; Dinas koperasi; Pemberdayaan UMKM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:22
Last Modified: 28 Jun 2024 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item View Item