Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis potensi objek wisata Aek Sijorni dalam mensejahterakan masyarakat Desa Aek Libung ditinjau dari maqashid syariah

Harahap, Larasati (2023) Analisis potensi objek wisata Aek Sijorni dalam mensejahterakan masyarakat Desa Aek Libung ditinjau dari maqashid syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Taman wisata merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang menjanjikan, bukan hanya pada pemilik saham, pemerintah namun ternyata keberadaan wisata tersebut juga memiliki dampak terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya.dengan adanya wisata disuatu daerah tersebut maka secara langsung akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar khususnya, disamping itu keberadaan objek wisata akan membuka berbagai macam usaha kecil menengah yang mampu meningkatkan perekonomian mereka. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kunjungan wisata berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar objek wisata. Bagaimana kesejahteraan masyarakat sekitar objek wisata di tinjau dari maqashid syariah.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah objek wisata yang terdiri dari alam sosial budaya dan wisata minat khususmengenai kesejahteraan masyarakat. Kemudiankonsep kesejahteraan dalam islam, kesejahteraan menurut badan dan maqashid syariah yang ditinjau dari menjaga agama, menjaga jiwa atau nyawa, menjaga akal, menjaga keturunan dan kehormatan dan menjaga harta. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Aek Libung, objek penelitian adalah pelaku usaha yang ada di Aek Libung. Adapun teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun aktivitas dalam analisis data antara lain reduksi data, klasifikasi data,penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui warga desa di Aek Libung merasa terbantu terhadap pemanfaatan wisata Aek Sijornih. Kepuasan para warga tergambarkan dengan meningkatnya jumlah pengunjung wisata memberikan dapak positif berupa peningkatan pendapatan warga desa sekitar, terciptanya lapangan kerja baru dan tingginya permintaan konsumen terhadap pelaku usaha di sekitar wilayah Aek Sijornih. Kemudian Pola konsumsi rumah tangga di Desa Aek Libung sekitar wisata Aek Sijornih lebih meningkat dibanding dengan desa lainnya, kemudian tingkat pendidikan, kesehatan menjadi poin terpenting bagi warga Desa Aek Libung oleh karena itu mayoritas warga desa mampu menyiapkan jaminan kesehatan, dan juga sudah mulai memiliki perumahan yang nyaman yang diperoleh dengan cara membayar langsung maupun menyicil. Beberapa hambatan yang dihadapi oleh warga desa Aek Libung dalam memanfaatkan wisata Aek Sijornih untuk mensejahterakan masyarakat antara lain: kemampuan warga tentang penggunaan fasilitas wisataAek Sijornih dengan mengikut teknologi yang zaman modern, kurangnya kerjasama bisnis usaha dengan berbagai instansi yang berkaitan dengan pelaku usaha di desa Aek Libung. Selain itu para warga masih kurang memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E
Keywords: Potensi; Objek wisata; Kesejahteraan; Maqhasid syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:02
Last Modified: 28 Jun 2024 08:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10621

Actions (login required)

View Item View Item