Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi Badan Amil Zakat Nasional menarik minat masyarakat membayar zakat di Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Nurmala Hayati (2024) Strategi Badan Amil Zakat Nasional menarik minat masyarakat membayar zakat di Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930400018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya informasi masyarakat untuk membayar zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Lawas dan masyarakat lebih memilih membayar zakat langsung kepada mustahik sehingga jumlah masyarakat yang berzakat melalui BAZNAS tidak terlalu banyak maka diperlukan strategi yang efektif untuk mendorong minat masyarakat membayar zakat kepada BAZNAS Kabupaten Padang Lawas. Informan penelitian ini berjumlah 5 orang pengurus BAZNAS dan 5 Muzakki. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat masyarakat untuk membayar zakat kepada BAZNAS Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui strategi BAZNAS dalam menarik minat masyarakat untuk membayar zakat di Kabupaten Padang Lawas dan untuk mengetahui kendala BAZNAS dalam menarik minat masyarakat untuk membayar zakat di Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah masyarakat yang berzakat kepada BAZNAS masih minim sehingga BAZNAS Kabupaten Padang Lawas baru mengumpulkan zakat dari pihak muzakki zakat profesi PNS 95% sedangkan dari masyarakat hanya 5%. Strategi dalam menarik minat masyarakat untuk membayar zakat kepada BAZNAS Kabupaten Padang Lawas ada beberapa tahapan. Pertama, Merancang dan menjalankan program yang bersifat bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kedua, Strategi Sosialisasi Pentingnya Berzakat dilakukan dengan cara sosialisasi langsung maupun sosialisasi tidak langsung melalui media. Secara langsung dilakukan melalui pencerahan agama tentang zakat di masjid ataupun instansi serta mendatangi calon muzakki secara langsung orang yang berpotensi menjadi Muzakki. Kendala yang dihadapi BAZNAS Padang Lawas dalam menarik minat masyarakat untuk membayar zakat yaitu kurangnya kepedulian masyarakat untuk membayar zakat kepada BAZNAS, kurangnya kesadaran masyarakat untuk memahami tentang BAZNAS, kurangnya Sumber Daya Manusia dan kurangnya fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Yuli Eviyanti, S.E., M.M
Keywords: Strategi; Amil; Minat; Zakat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2024 09:04
Last Modified: 27 Jun 2024 09:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item