Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan Kelompok Tani Saroha II dalam meningkatkan pendapatan petani di Desa Batuhorpak Kecamatan Tanotombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Gongna Hirayani (2024) Peranan Kelompok Tani Saroha II dalam meningkatkan pendapatan petani di Desa Batuhorpak Kecamatan Tanotombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930300005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini banyaknya hama yang menyebabkan rusaknya pada tanaman padi yang menyebabkan minimnya pendapatan petani, dan langkanya bahan-bahan produksi pertanian padi yang menyebabkan mahalnya harga bahan-bahan produksi pertanian padi sehingga ketidakstabilan pengeluaran dengan pendapatan. Dengan permasalahan yang ada, masyarakat desa Batuhorpak membentuk sebuah organisasi atau Kelompok Tani untuk memecahkan permasalahan dengan tujuan yang sama. Dalam hal ini, salah satu Kelompok Tani yang berada di desa Batuhorpak yaitu Kelompok Tani Saroha II yang bertujuan untuk dapat meningkatkan pendapatan petani sehingga dapat terwujudnya kesejahteraan bagi para petani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas Kelompok Tani Saroha II dalam meningkatkan pendapatan petani, untuk mengelaborasi upaya Kelompok Tani Saroha II dalam meningkatkan pendapatan petani, untuk menemukan faktor penghambat Kelompok Tani Saroha II dalam meningkatkan pendapatan petani. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan data analisis deskriptif dengan informan berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non-partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kelompok Tani Saroha II memiliki peranan dalam meningkatkan pendapatan petani di desa Batuhorpak seperti penyaluran bantuan dari pemerintah yaitu penyediaan bahan-bahan produksi pertanian seperti pupuk, bibit unggul, racun tikus. Dan penyediaan alat pertanian seperti cangkul, alat semprot listrik, dan tractor. Serta melakukan pelatihan guna untuk menambah pengetahuan anggota Kelompok Tani Saroha II dalam menjaga ketahanan pangan. Adapun aktivitas kelompok tani Saroha II dengan melakukan pengolahan lahan, pembibitan/persamaian, perawatan lahan, pemupukan, dan pasca panen. Kendala yang dihadapi Kelompok Tani Saroha II adalah cuaca yang tidak bersahabat, kurangnya disiplin kehadiran anggota dalam mengahadiri penyuluhan. Saran dalam penelitian ini bagi pengurus Kelompok Tani Saroha II lebih mengoptimalkan peran Kelompok Tani Saroha II sebagai suatu organisasi yang membantu anggota Kelompok Tani Saroha II, dan melakukan musyawarah apa saja yang dibutuhkan anggota Kelompok Tani Saroha II. Bagi anggota Kelompok Tani Saroha II sebaiknya lebih memahami pentingnya Kelompok Tani Saroha II di dalam masyarakat, dan lebih disiplin dalam menghadiri pelatihan yang dilakukan Kelompok Tani Saroha II. Bagi peneliti selanjutnya dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan referensi dalam pengkajian peneliti yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anas Habibi Ritonga, M.A dan Maslina Daulay, M.A
Keywords: Peranan; Kelompok Tani Saroha II; Pendapatan petani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:57
Last Modified: 27 Jun 2024 04:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10612

Actions (login required)

View Item View Item