Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model teams games tournament berbasis ika bina en pabolo untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik Kelas V A Sekolah Dasar Negeri 01 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu

Hasibuan, Hilal Fajar (2024) Penerapan model teams games tournament berbasis ika bina en pabolo untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik Kelas V A Sekolah Dasar Negeri 01 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis pada pendekatan teacher centered atau berpusat pada guru yang masih mendominasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung tidak melibatkan peserta didik secara langsung dan menyeluruh dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Keterlibatan peserta didik secara langsung dan menyeluruh dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap suasana belajar di dalam kelas. Suasana belajar di dalam kelas sangat berpengaruh terhadap penglaman belajar bagi peserta didik. Pengalaman belajar bagi peserta didik sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Suasana belajar yang aktif dan menyenangkan akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berarti bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Pemilihan model pembelajaran yang akan guru terapkan menjadi langkah awal dari hasil proses pembelajaran itu sendiri, yaitu untuk meningkat atau tidaknya hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbasis ika bina en pabolo dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 01 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPA peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 01 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu menggunakan model Teams Games Tournament berbasis ika bina en pabolo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 01 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu pada tiap siklus. Siklus I pertemuan 1, ketuntasan klasikal berjumlah 31%. Pada siklus I Pertemuan 2 menjadi 50%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 61%. Pada siklus II pertemuan 2 mencapai 86%. Penerapan model TGT berbasis ika bina en pabolo dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 01 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Peneliti menyarankan agar terus terjadi pengembangan terhadap penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Teams games tournament; Ika bina en pabolo; IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:18
Last Modified: 27 Jun 2024 03:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item