Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem based learning berorientasi pada Higher Order Thingking Skills (HOTS) terhadap pemecahan masalah matematika Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Marini, Marini (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berorientasi pada Higher Order Thingking Skills (HOTS) terhadap pemecahan masalah matematika Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih kurang dalam mengerjakan soal matematika.apabila soal tersebut diorientasikan secara HOTS. Siswa mampu dalam menuliskan apa yang diketahui dari soal dan membuat rencana tetapi masih kesulitan dalam melaksanakan perencanaan, dan melakukan pemeriksaan kembali. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model problem based learning berorientasi higher order thinking skills (hots) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA negeri 3 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berorientasi higher order thinking skills (hots) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3, dengan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling (sampling non random) dengan tes yang sudah divalidasi. Sampel pada kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model problem based learning berorientasi hots dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil dari penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen (mean) sebesar 83,75 dan rata-rata kelas control (mean) sebesar 77,25. Ada pengaruh yang signifikan eksperimentasi Model Problem Based Learning Berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 5% yaitu t_hitung>t_tabel sehingga 2,300>2,024 maka H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Model problem based learning berorientasi HOTS; Kemampuan pemecahan masalah; Sistem persamaan linear tiga variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:30
Last Modified: 26 Jun 2024 02:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item